Pengertian : Proses belajar yang berpusat pada anak sebagai subjek belajar.
Tujuan : Proses belajar setiap anak mencapai hasil yang optimal (tumbuh minat baca dan belajar secara intrinsik).
Peran murid dan guru di biMBA - AIUEO:
- Peran Murid : sebagai subjek belajar.
- Peran Guru : Sebagai motivator dan fasilitator
Peran Murid :
Sebagai subjek belajar artinya fokus utama perhatian guru sepenuhnya terletak pada anak sebagai individu yang unik. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda - beda, untuk itu materi belajar harus disesuaikan dengan kemampuan masing - masing anak. masuki dunia anak melalui kesukaannya. Untuk itu seorang motivator biMBA harus mengetahui segala informasi tentang anak, seperti :
- Tingkat kemampuan masing - masing anak.
- Kesukaan dan karakter masing - masing anak.
- Gaya belajar masing - masing anak.
Peran Guru :
- Guru sebagai motivator : guru selalu memberikan semangat dan motivasi kepada anak melalui pemberian reward (hadiah) dan sikap antusias (semangat) yang ditunjukkan guru ketika mengajar. Pemberian reward dapat berupa toss, pujiam, sentuhan fisik (dipeluk dan dicium), bintang tersenyum, dsb.
- Guru sebagai fasilitator : guru memberkan lembar latihan (modul) sesuai kemampuan dan kemauan anak. Setiap anak memiliki file modul masing - masing. File modul berisi lembar latihan yang sesuai dengan kemampuan anak.
Cara menerapkan individual system :
- Melakukan placement test atau tes penempatan, agar dapat memberikan lembar latihan (modul) yang sesuai dengan kemampuan anak.
- Mengetahui cara membuat file modul untuk masing - masing anak.
- Mengamati dan mempelajari karakter, gaya belajar dan kesukaan setiap anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar